7/25/2008

Kasus Aliran Dana Bank Indonesia, Contoh Kasus Yang Patut Dijadikan Pelajaran

Beberapa tahun terakhir ini, dunia peradilan kita disibukkan dengan proses pengadilan kasus-kasus korupsi dan suap yang melibatkan tidak hanya pejabat-pejabat di lingkungan pemerintahan, tapi juga beberapa anggota dan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan bahkan juga beberapa warga sipil.

Salah satu kasus yang saat ini proses pengadilannya sedang berjalan yaitu menyangkut kasus dugaan suap yang dilakukan oleh pejabat-pejabat di lingkungan Bank Indonesia kepada beberapa anggota dan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Kasus yang dikenal dengan kasus aliran dana Bank Indonesia tersebut diduga terkait dengan upaya dari pejabat-pejabat Bank Indonesia dalam rangka untuk memperlancar proses pembahasan rancangan undang-undang tentang Bank Indonesia di Dewan Perwakilan Rakyat.

Dalam perspektif 'lobbyist', kasus yang cukup menghebohkan tersebut barangkali hanya salah satu contoh kasus yang cukup menarik untuk ditelaah berdasarkan sudut pandang dunia lobi- melobi yang lebih sehat dan profesional. Tentu saja dengan harapan agar telaah tersebut nantinya bisa memberikan kontribusi yang positif dalam membangun budaya lobi-melobi yang lebih sehat, terutama dalam setiap proses pengambilan kebijakan publik.

No comments:

Post a Comment

AddThis Feed Button